Sunday, December 25, 2011

spnKiX: Sepatu Roda Elektrik dengan Kecepatan 10 Mil per Jam

Tampaknya teknologi semakin mendorong manusia untuk bermalas-malasan dan membuat “berjalan” menjadi sebuah kegiatan yang terlalu melelahkan. Salah satu contohnya “spnKiX” yang merupakan sepasang sepatu roda yang dilengkapi dengan motor elektrik. Pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan energi untuk berjalan. Dengan menggunakan sepatu roda ini, menekan tombol saja sudah dapat membantu pengguna mengelilingi kompleks rumah dengan kecepatan hinggal 10 mil per jam.

Peter Treadway, pencipta spnKiX, telah mengembangkan sepatu roda ini selama lima tahun dan melalui lebih dari 30 prototype sebelum mendapatkan desain final. Rangka sepatu roda ini terbuat dari bahan nylon yang diperkuat dengan lapisan serat dan dilengkapi strap yang mengikat spnKiX ke sepatu pengguna. Setiap pasang spnKiX dilengkapi dengan motor elektrik dan baterai lithium-ion yang mampu menempuh jarak hingga 3 mil. Proses pengisian daya ulang baterai membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Dengan desain final yang telah ditetapkan, spnKiX dapat dipesan di Amerika Serikat dengan harga USD375, sedangkan harga retail untuk sepatu roda ini nantinya akan mencapai USD649. Rencananya 100 unit spnKiX akan diluncurkan ke pasaran pada awal Maret 2012. Treadway menganjurkan bahwa konsumen yang akan menggunakan sepatu roda elektrik ini harus berusia di atas 16 tahun dan memiliki bobot di bawah 81 kilogram. Namun, tampaknya setelah menggunakan sepatu roda ini, bobot pengguna justru akan naik secara drastis.

No comments:

Post a Comment