Thursday, January 12, 2012

10 Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jabodetabek



Berikut ini adalah 10 daerah terfavorit untuk tempat tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Beberapa daerah sudah berkembang baik lengkap dengan berbagai fasilitas, sementara daerah lainnya masih terus berkembang.
Gerbang perumahan Cibubur Mansion, Jakarta Timur

Kesepuluh daerah tersebut adalah

Cibubur (Jakarta Timur),
Sentul City (Bogor),
Harapan Indah (Bekasi),
Bintaro (Jakarta Selatan),
Pondok Ungu (Bekasi),
Bumi Serpong Damai (Tangerang),
Taman Harapan Baru (Bekasi),
Gading Serpong (Tangerang),
Jagakarsa (Jakarta Selatan), dan
Kelapa Gading (Jakarta Utara).

“Cibubur memiliki daya tarik, seperti alam yang masih baik, udara yang masih segar, akses jalan serta konsep perumahan yang baik,” kata Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW). Kemacetan yang sering terjadi di Cibubur tidak memengaruhi permintaan akan perumahan di sana. “Karena ada alternatif jalan,” jelas Ali. Cibubur juga akan memiliki jalan tol baru, yakni JORR II.

Sementara itu, Harlow G. Russell, Presiden Direktur Rumah.com, menyebutkan bahwa menarik atau tidaknya suatu lingkungan bisa sangat subjektif meskipun ada beberapa hal dasar yang diperhitungkan. “Jarak ke sarana transportasi, seperti jalan tol, terminal, stasiun, dan akses jalan utama jadi pertimbangan. Banyak orang juga ingin akses cepat ke fasilitas dasar, seperti supermarket, mal, atau toko lain,” kata Russell yang juga menyebutkan keamanan lingkungan sebagai salah satu faktor penting.

Bahan pertimbangan bagi investor tidak berbeda dengan orang yang mencari rumah untuk tempat tinggal. “Akan tetapi, investor juga melirik properti di lingkungan yang benar-benar bertolak belakang dengan kondisi yang tadi sudah disebutkan,” kata Russell. Properti di area yang terkena bencana alam atau daerah yang belum didukung infrastruktur juga menarik investor. Kemungkinan daerah-daerah tersebut untuk berkembang sangat besar dan harga properti di sana akan meningkat. “Jika seorang investor rela melakukan analisis dan bersedia menunggu beberapa waktu, kenaikan harga properti akan mendatangkan keuntungan besar,” jelas Russell lebih lanjut.

Data 10 daerah terfavorit bersumber dari jumlah iklan suatu daerah di Rumah.com. Saat ini, Rumah.com sudah memiliki lebih dari 45 ribu iklan properti yang menjaring lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulan.

No comments:

Post a Comment