Monday, April 30, 2012

5 Alasan Memakai Blazer ke Kantor





Anda tak suka mengenakan jas atau blazer untuk ke kantor, karena memberi kesan terlalu formal atau terlalu ribet? Hm... pikirkan lagi. Karena penampilan Anda ketika ber-blazer ternyata sangat memengaruhi penilaian orang lain tentang diri Anda. Bila takut penampilan Anda terlalu formal, tiru saja gaya para selebriti ketika memakai blazer.

1. Mendongkrak percaya diri
Ketika Anda mengenakan jas atau blazer ke kantor, Anda akan mendapatkan kepercayaan diri secara instan. Kepercayaan diri Anda akan terpancar, dan orang lain akan menangkap kesan tersebut. Dengan sendirinya, Anda akan merasa lebih kompeten, karena orang lain pun akan menganggap Anda lebih kompeten.

2. Anda tak perlu bekerja keras untuk membuat atasan atau rekan kerja terkesan pada Anda
Memakai jas akan menambah kredibilitas Anda. Anda tidak harus bekerja terlalu keras untuk membuktikan bahwa Anda kredibel, dan berjuang untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa 55 persen dari kredibilitas Anda berasal dari penampilan Anda.

3. Kesan pertama yang lebih positif
Entah itu untuk wawancara kerja, atau menemui pelanggan, Anda tentu ingin menciptakan kesan yang menyenangkan. Nah, kolega, atasan, atau pelanggan, akan menangkap kesan pertama yang lebih positif dari Anda bila Anda mengenakan blazer.

4. Anda akan ditanggapi lebih serius di kantor
Bila Anda mengenakan busana kerja yang mirip gaya selebriti, atau apa yang sedang ngetren di atas runway, Anda memang akan menciptakan image sebagai karyawan yang fashionable. Namun, karier Anda bakal susah menanjak. Hasil kerja dan pencapaian-pencapaian Anda tak akan ditanggapi dengan serius.

5. Orang lain akan menghormati Anda
Berani bereksperimen? Coba kenakan blazer ke kantor setiap hari selama seminggu, dan perhatikan bagaimana orang akan merespons Anda. Kemudian, pada minggu berikutnya kenakan busana yang lebih kasual, lalu lihat apa yang terjadi. Anda tidak akan mendapatkan penghargaan yang sama, dan orang tidak akan menganggap apa yang Anda katakan atau lakukan sekredibel ketika Anda berbusana lebih profesional. Jika Anda terlihat profesional, orang lain pun akan memperlakukan Anda secara profesional.

No comments:

Post a Comment