Monday, February 6, 2012

Blue Screen of Death (BSOD)

Blogpanik.blogspot.com - Selamat sore sahabat blogger, happy blogwalking. Kembali lagi pada sore ini saya ingin berbagi ilmu sedikit mengenai Blue screen. Pernahkah Anda mengalami Blue Screen of Death (BSOD) ? BSOD kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Layar Biru Kematian atau pesan error yang muncul pada sistem operasi Microsoft Windows ketika terjadi suatu kegagalan sistem yang tidak bisa diperbaiki. Contonya seperti ini


Mungkin saya cuman dapat menyebutkan beberapa faktor saja dikarenakan saya hanya mendengar dari orang ahli ataupun teman-teman saya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan BSOD tersebut seperti :


1. RAM/memory yang bermasalah, RAM yang bermasalah seringkali menjadi penyebab blue screen pada proses instalasi windows, cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti RAM agar proses installasi berjalan dengan lancar, atau mengambil salah satu memory yang ada jika permasalahanya adalah crash pada RAM.

2.Power supply yang tidak memberikan supplay listrik yang stabil. Lebih baik kita mengganti power supply agar komponen lain tidak bermasalah.

3. Setting mode hardisk di BIOS, meskipun hal kecil tapi hal ini seringkali menjadi masalah besar sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi masalah ini, kita tinggal mengganti mode hardisk dari AHCI atau SATA (tergantung type bios) menjadi compatible

4. CD windows yang tidak mendukung pada SATA atau tidak memiliki driver SATA, hal ini dapat diselesaikan dengan cara mengubah atau menambahkan driver SATA pada installer windows kita. Atapun bisa jadi Hardisk nya yang bermasalah serta bisa juga Motherboardnya yang bermasalah.


Demikianlah postingan ini kami buat, keep spirit of blogwalking yah. Silahkan mengisi kolom komentar jika ada yang ingin menambahkan penyebabnya buat sharing, ataupun ingin memberi saran, kritik atau komentar terhadap blog ini. Thanks :)

No comments:

Post a Comment