Saturday, October 15, 2011

Indonesia Mencoba menyaingi Google


Semua orang yang gemar berinternetan ria ataupun yang hanya sekedar mencari tugas sekolah/kuliah pasti tahu dong tentang “Google”. Yaap, Google adalah sebuah penyedia layanan search engine terbesar di dunia. Jika ingin tahu tentang berita terbaru, tugas tugas, atau bahkan yang ga jelas sama sekali ada di Google. Tinggal tulis yang ingin kita cari, dan klik. Lalu Om Google pun langsung mencari dan menampilkan semua situs web dengan kategori yang kita carikan tadi. Jika ngetiknya tidak jelas, Google akan berusaha memperjelasnya dengan menampilkan situs yang lainnya yang menjurus ke hal yang kita cari. Baik yaa??

Tapi tahu tidak sih, yang bikin Google ultra super populer dengan pendapatan yang besar bukanlah karna search engine nya tersebut tetapi melainkan Google mendapat keuntungan karna Google AddSense dan Addword nya. Yaitu sebagai sarana periklanan secara online, coba bayangkan berapa keuntungan Google dengan banyak orang yang menggunakan iklan Google tersebut di seluruh dunia. Ckck

Tetapi ada kabar baik lho, untuk Indonesia. Ada sebuah Perusahaan Indonesia yang bernama SITTI yang mencoba menyaingi Google dalam hal ini. Untuk saat ini, hanya web atau blog yang berbahasa indonesialah yang menjadi sasarannya. SITTI percaya bahwa SITTI dapat bersaing dengan Google, apalagi untuk web dan blog dengan bahasa kita.

Untuk menguji kemampuan mesinnya, SITTI bekerja sama dengan situs web lokal selama lebih dari sebulan, mulai dari 1 Oktober hingga 5 November 2010. Dalam rentang waktu tersebut, SITTI berhasil mengindeks 600 juta halaman situs berbahasa Indonesia dan menampilkan 3300 iklan dari 529 merek.

Hasilnya, SITTI mengklaim lebih efektif. Dari pengukuran impresi, SITTI mendapat skor 88,5 persen, sedangkan Google 11,5 persen. Dari jumlah klik, SITTI mendapatkan 51 persen, sedangkan Google 49 persen. Click through ratio (CTR) SITTI 64,06 persen, Google 20,87 persen, dan sisanya sama. Inilah yang membuat SITTI makin percaya diri bersaing dengan Google.
Apalagi dengan banyaknya perusahaan produk atau pengiklan yang mempercayai akan SITTI , dengan cara memasang iklan mereka di iklan SITTI. Yaah, untuk kedepannya saya hanya bisa bilang “Maju terus Indonesiaku”. Hehe. Sebagai anak bangsa, kita harus bangga dengan usaha Indonesia untuk maju. Karna siapa lagi kalau bukan kita sebagai warga negara Indonesia yang menghargai produk bangsa kita ini.

No comments:

Post a Comment