Monday, October 3, 2011

Terungkap Rahasia Bunga dan Daun Berubah Warna

Daun berubah warna dan kemudian berguguran sebelum musim dingin adalah pemandangan akrab dan indah. Dan warnanya kontras antara pohon birch (kuning), beech (merah) dan pinus cemara di hutan dekat Gdynia di Polandia Pomerania. Para ilmuwan sudah menyingkap rahasia perubhan itu.

Tapi para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menjawab pertanyaan mengapa tanaman bisa mengeluarkan energi memproduksi pigmen merah dalam daun hanya untuk gugur dan mengapa dapat berubah menjadi warna merah cerah di Amerika Utara daripada di Eropa. Demikian disiarkan dailymail akhir pekan lalu.

Seperti daun mati, klorofil di dalamnya - yang digunakan oleh tanaman untuk berfotosintesis - berkurang. Pigmen kuning dan oranye menjadi terlihat. Namun sebenarnya beberapa tanaman menghasilkan pigmen baru yang disebut antosianin - warna merah hidup, terlihat di sini di pohon-pohon beech di luar dari gambar ini.

Sebuah studi baru menemukan pohon berkembang menjadi gugur setelah serangkaian zaman es dan di musim kering, daun mereka berubah merah untuk membantu melindungi terhadap serangga yang menyerang mereka.

Namun perbedaan utama di Amerika Utara adalah ketika zaman es menghampiri tanaman, serangga mampu bermigrasi cukup bebas sementara di Eropa tanaman menjadi terperangkap dalam es, bersama dengan serangga herbivora, yang berarti sebagian besar serangga ini mati.

Pigmen bukan merupakan 'beban' yang tidak perlu - bahkan, untuk beberapa tanaman, ini merupakan alat penting untuk kelangsungan hidup. Hal ini juga 'menjelaskan' mengapa perubahan musim dapat memiliki warna yang sangat berbeda tergantung di mana tempat Anda.

William Hoch dari Montana State University menemukan bahwa pigmen memiliki fungsi - itu memungkinkan tanaman untuk mengirim nutrisi ke akar untuk musim dingin. Jika mereka 'diblokir' produksinya, daun mereka menjadi rentan terhadap sinar matahari.

Alasan untuk ini terungkap dalam sebuah studi tentang sweetgum dan merah mapel oleh tim di North Carolina, yang dipimpin oleh Martha Eppes. Dia menemukan bahwa daun di tanah miskin hara cenderung lebih merah - untuk melindungi daun lebih lama, dan memungkinkan mereka untuk 'tetap melakukan pekerjaan mereka' untuk mengirim nutrisi ke akar.
Terungkap Rahasia Bunga dan Daun Berubah Warna

No comments:

Post a Comment